Dalam Pengembangan Kurikulum 2013 mengisyaratkan bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah pembelajaran
yang mengedepankan pengalaman personal melalui observasi (menyimak,
melihat, membaca, mendengar), asosiasi, bertanya, menyimpulkan, dan
mengkomunikasikan. Disebutkan pula, bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah proses
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered active
learning) dengan sifat pembelajaran yang kontekstual. (Sumber: Pengembangan Kurikulum 2013, Bahan Uji Publik, Kemendikbud).
Apakah konsep pendekatan dan metode
pembelajaran yang ditawarkan Kurikulum 2013 merupakan konsep yang baru.
Menelaah kalimatnya saya beranggapan bahwa konsep yang ditawarkan oleh
Kurikulum 2013 bukan merupakan hal yang baru. Pada Kurikulum KTSP bahkan
kurikulum sebelumnya juga menawarkan hal yang sama. Jauh sebelum
Kurikulum KTSP kita mengenal yang namanya CBSA (Cara Belajar Siswa
Aktif). Di Kurikulum KTSP bahkan kita disuguhi berbagai macam pendekatan
dan metode pembelajaran mutakhir yang pada intinya pembelajaran berpusat
pada siswa, misalnya Pembelajaran Konstruktivisme, PAKEM, Pembelajaran Kontekstual, Quantum Learning, Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Kooperatif dengan aneka tipenya, dan lain sebagainya.
Sebenarnya yang menjadi permasalahannya
adalah tingkat implementasi yang rendah dari pendekatan dan metode
pembelajaran tersebut. Bila kita melakukan observasi maka masih banyak
guru yang menggunakan metode ceramah (Chalk and Talk Approach),
apapun kurikulum yang digunakan. Bila kondisi ini dibiarkan terus bukan
tidak mungkin Kurikulum 2013 tidak akan membawa dampak positif untuk
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan demikian menjadi
penting sekali guru dibekali (misal dengan pelatihan yang memadai)
pendekatan dan metode pembelajaran yang bersifat student centered active learning, bersamaan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013. Pelatihannya jangan asal-asalan, tetapi pelatihan yang benar-benar pelatihan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pendidikan
dengan judul Pendekatan Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://uptdbubutan.blogspot.com/2013/09/rpp-tematik-untuk-kelas-1-dan-4.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Thursday, September 26, 2013
Belum ada komentar untuk "Pendekatan Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 "
Post a Comment
Komentar di sini ...