---

Revisi Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Versi 2.0

http://uptdbubutan.blogspot.com/2014/01/revisi-aplikasi-rapor-kurikulum-2013.html
Beberapa waktu yang lalu, saya telah membuat postingan tentang Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 sesuai Juknis Dirjen Pendidikan Dasar Pusat. Dari beberapa versi yang sudah saya posting, mulai dari 1.2.0 sampai dengan 1.2.8 ternyata banyak yang memberikan atensi cukup baik, walaupun masih banyak kekurangan. Perubahan dari versi ke versi yang lain selalu diikuti perbaikan, tentunya ini didasarkan pada masukan, saran, dan kritik rekan-rekan dari beberapa kasus yang terjadi, baik dari bentuk formatnya, kesalahan-kesalahan rumus, macro yang tidak bisa dijalankan, dan juga kebutuhan masing-masing sekolah, dan lain-lain.

Kali ini, saya posting Aplikasi Rapor Versi 2.0 sebagai revisi dari versi sebelumnya. Versi 2.0 ini ada beberapa perubahan diantaranya:
  1. Tab Ribbonnya saya sederhanakan dengan Custom Ribbon hal ini dimaksudkan agar aplikasi ini tampak lebih sederhana.
  2. Terdapat Rapor Capaian yang berisi nilai siswa secara kuantitatif (angka). Hal ini karena dari beberapa saran yang disampaikan kepada saya agar Wali murid tidak bingung dengan adanya model rapor baru yang hanya berisi deskripsi tanpa adanya angka, walaupun ini bertentangan dengan juknis yang ada. Oleh karena itu untuk rapor capaian saya sendirikan, terpisah dengan rapor deskripsi (Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik).
  3. Konten masih sama yaitu untuk semester 1. sedangkan untuk semester 2 akan saya posting kemudian (jika ada waktu).
  4. Kolom Rapor Inti pada versi 1.2.8 masih statis (tidak berubah walaupun kosong tidak ada deskripsinya), maka pada versi 2.0 ini dapat berubah menyesuaikan kebutuhan teks deskripsi.
  5. Tampilan mungkin masih sama, mungkin bagi Users masih tampak jadul and kurang elegan. Hal inilah yang perlu saran dan ide dari Users.
  6. Jika ada kesalahan dalam sistem aplikasi ini, mohon saran dan bantuannya agar untuk versi selanjutnya menjadi lebih baik. Hal ini semata-mata karena kekurangan yang ada pada diri saya.
  7. Oh ya, ada juga saran bagaimana kalau Rapornya ada Barcodenya seperti halnya rapor Online Dinas Pendidikan Kota Surabaya itu agar keabsahannya bisa dipertanggung-jawabkan. Hal ini akan saya pertimbangkan untuk versi selanjutnya.
  8. Jangan lupa beri komentar, saran, ide, kritik, dsb.
Semoga bermanfaat bagi semuanya.
Selamat mencoba!
TELAH HADIR VERSI BARU 2.1


Download Link


Aplikasi Rapor Versi 2.0 untuk kelas 4

Password: myson

Untuk Download klik SKIP AD pada pojok kanan atas




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Download dengan judul Revisi Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Versi 2.0. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://uptdbubutan.blogspot.com/2014/01/revisi-aplikasi-rapor-kurikulum-2013.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: SD PANCASILA 45 - Thursday, January 2, 2014

17 komentar untuk "Revisi Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Versi 2.0"

  1. password nya ??

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum. Mau tanya ni bapak.,,

    1. saya ingin menambahkan matapelaran yang lain pada aplikasi ini. tapi pada Rapot Capaian. mata pelajaran yang saya inputkan tidak ada.

    2. Pada KD setiap mata pelajran tidak bisa di edit.,, di mohon untuk Sheet KD ditampilkan aja bapak agar bisa di edit.,,

    Mohon Konfirmasinya ya bapak,, Sebelumnya Terima kasih.,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      1. Kalau Anda mau menambahkan mapel lain pada aplikasi ini, maka anda telah menyalahi struktur kurikulum yang ada. Memangnya ada mapel dalam struktur kurikulum 2013 yang belum masuk di aplikasi ini?
      2. Mengapa harus diedit? KD yang ada sudah sesuai dengan KD yang ada dalam kurikulum 2013. Untuk permohonan sheet KD ditampilkan, mohon maaf, ini adalah bagian dari HAKI Programmer. Walaupun sebagian users ada yang memiliki kemampuan untuk mengeditnya. Anda pun bisa. Saya tidak ingin memberikan ikan, tapi saya ingin memberi Anda kail. Silakan gunakan kail ikannya!
      Saya bukanlah orang yang mahir dalam hal ini. Saya juga banyak belajar (otodidak) dari orang lain (tidak pernah kursus komputer atau kuliah komputer).
      Selamat belajar! Terima kasih. Mohon maaf atas segala kekhilafan.
      Wassalamu'alaikum.

      Delete
  3. downloadnya ndk adfly kok susah ya?? gmana caranya? mohon bantuan & passwordnya sekalian bapak. terimakasih.

    ReplyDelete
  4. PAK KLU MAU MENGUBAH KD PADA MUATAN LOKAL GIMANA..??? CZ KAMI MENGGUNAKAN BAHASA DAERAH... CZ NARASI DISKRIPSINYA MUNCUL KALIMAT BAHASA JAWA...

    ReplyDelete
  5. boleh minta pass edit VB nya g Pak?terima kasih

    ReplyDelete
  6. Makin mantep saja,
    Rencana juga mau bikin Rapor Capaian angka (seperti SMP dan SMA), hehehe kalah cepet (hasilnya juga bagusan ini).
    Koreksi : untuk ikon PrintOut, setelah klik ikon bagian Rapor ga bs cetak tp malah muncul PESAN lagi, jadi klo mo cetak harus klik Ctrl+P. Bagaimana jika tambah ikon Preview.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikon PrintOut memang hanya sebagai petunjuk/pengarah saja. Untuk saran Ikon PrintPreviewnya akan dipertimbangkan.

      Delete
  7. saya kesulitan untuk menuliskan KD disetiap mata pelajaran
    mohon bantuannya bapak/ibu untuk bisa membantu Menuliskan KD untuk semester 2 ini terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di versi 2.1 adalah KD semester 2 see more at http://uptdbubutan.blogspot.com/2014/01/rapor-kurikulum-2013-untuk-semester-2.html

      Delete
  8. Maaf sebelumnya. untuk aplikasi rapor K 2013 kelas 2,3,5 dan 6 belum ada untuk semester I dan II nya. semoga semakin maju

    ReplyDelete
  9. Hasil kerja dan upaya yang patut dihargai oleh siapapun. Maju dan berkarya terus Pak... Demi kemajuan pendidikan dan anak bangsa.Salam dari Lumajang.

    ReplyDelete

Komentar di sini ...